Hai Bloglovers, hari ini saya mau updated post tentang pengaruh iklan terhadap penjualan produk bagi konsumen. Hal ini berpengaruh pada produktivitas sebuah perusahaan tentunya. Banyak sekali para produsen tidak memperhatikan bagian ini dan menganggapnya tidak penting, padahal iklan jelas merupakan bagian yang juga penting dalam sebuah produk. Dengan iklan masyarakat dapat mengetahui dan mengenal barang atau produk yang akan dibeli. Iklan yang efektif adalah iklan yang mampu membujuk para konsumen agar mau membelinya tetapi dengan aspek hukum yang benar maksudnya, iklan tersebut tidak menipu masyarakat.
Penelitian menunjukan bahwa 50% pelanggan tidak menyukai pekerjaan para pembuat iklan. Padahal Anda perlu iklan untuk menjual dan meningkatkan brand awareness produk Anda. Lalu, bagaimana jika konsumen membenci produk anda? Dimana pada kasus ini produk anda adalah ‘iklan’.
Harapan saya, melalui penelitian ini industri periklanan mampu melakukan evolusi terhadap kekacauan komersial yang ada di saat ini. Kini semua media menjadi digital, konsumen pun menjadi lebih terkendali daripada sebelumnya. Karena itu industri periklanan harus memanfaatkan peluang ini untuk mengadakan suatu perubahan.
Berdasarkan hasil riset, diketahui bahwa 47% perusahaan mengalami kegagalan sebelum iklan itu sempat disiarkan di media massa. Ini adalah angka yang mengerikan, namun angka ini penting untuk dapat mengetahui apa yang sebenarnya terjadi saat ini. Secara terbuka, saya tidak menuduh bahwa para pengiklan atau agen tidak mencoba untuk menemukan periklanan yang efektif. Jelas mereka melakukannya, hanya saja yang menjadi tren para agen hari-hari ini adalah mengenai upaya untuk mengurangi biaya agensi per jam, merendahkan komisi atau bahkan mengeliminasi elemen dari program yang disarankan. Hal ini mungkin akan memberi pengaruh besar terhadap keefektifan pesan dalam iklan. Serta memberi kontrubusi besar terhadap tingginya kegagalan dalam beriklan.
Ada banyak faktor yang mempengaruhi keefektifitasan iklan, diantaranya adalah kekuatan dan keanekaragaman pilihan dan motif, yang dimiliki oleh konsumen. Selain itu kejelasan pesan yang ingin disampaikan menjadi sangat penting, karena setiap orang memiliki persepsi yang berbeda terhadap objek yang sama. Iklan memberi pengaruh besar terhadap peningkatan penjualan, hal ini karena setiap orang cenderung mengingat apa yang sering mereka lihat dan dengar. Terbukti dengan adanya iklan, maka terjadi pula peningkatan penjualan, namun hal ini tidak terlepas dari apakah pesan yang ingin disampaikan diterima oleh masyarakat.
Setiap orang menganggap bahwa beriklan merupakan pengeluaran yang sia-sia. Padahal dengan beriklan orang akan mengenal dan mengetahui tentang produk yang kita miliki, ini juga merupakan kegiatan Marketing yang sangat penting. Marketing bukanlah sesuatu yang mudah, apalagi industri kurang termotivasi untuk memanfaatkan media yang merupakan perpaduan antara seni dan pengetahuan dalam meningkatkan pendapatan. Dunia media memiliki tingkat kompleksitas dan kekuatan yang tinggi untuk mendukung industri periklanan. Terlebih saat ini dengan semakin tingginya teknologi, memungkinkan setiap orang untuk beriklan dengan cepat dan mudah.
Seperti yang sama-sama kita ketahui, sekarang adalah era internet. Di mana informasi mulai dapat diraih dengan sangat mudah dan cepat, apa pun informasi itu. Begitu pula dengan iklan-iklan produk Anda. Di saat kejenuhan mulai menerpa konsumen terhadap media yang sudah sering ditemui, saatnya memikirkan kemungkinan-kemungkinan yang ada. Media baru merupakan media yang patut mendapat perhatian untuk menjadi salah satu jalan menaikkan pendapatan Anda.
Komentar
Posting Komentar
Silahkan berkomentar