Langsung ke konten utama

Perusahaan Dagang


Defenisi Perdagangan menurut kamus adalah
Pembelian dan penjualan atau pertukaran komoditas baik dengan mengecer atau dalam jumlah besar di dalam suatu negara atau antarnegara. Perusahaan dagang memiliki 2 tugas penting yaitu:
- Sebagai perantara perdagangan bekerja antara seseorang yang dapat membutuhkan produk dan seseorang yang dapat memasoknya, menyediakan jasa perdagangan untuk memudahkan perpindahan produk.

- Untuk mengembangkan arus perdagangan dengan ikut serta dalam berbagai kegiatan yang menambahkan pasokan produk dan menciptakan permintaan tambahan.

Ciri perusahaan dagang adalah memiliki konsep dasar penjualan efisiensi,
Penjualan efisiensi adalah penyediaaan serangkaian jasa perdagangan lebih efisiensi daripada yang dapat diadakan sendiri oleh pelanggannya untuk diri sendiri khususnya dalam biaya transaksi, biaya pemasaran dan pendanaan. Ciri ini menjadi alasan pertama sampai saat perusahaan dagang dapat membuktikan bahwa mereka dapat memberikan jasa dengan lebih efisien daripada pelanggan mereka, maka mereka tidak ada alasan untuk bertahan. Mengapa dan bagaimana perusahaan sebaiknya memanfaatkan perusahaan dagang? Sebuah perusahaan dapat memadukan dan melaksanakan kegiatan penambah nilai atau semua kegiatan yang dianggap dapat dilakukan dengan ekonomis. Contohnya diperlihatkan oleh 2 negara A dan B, negara A membiarkan semua kegiatan dilakukan sendiri sedangkan negara B memilih untuk mempertahankan kegiatan yang dilakukan terbaik sefangkan kegiatan lain dikontrakkan kepada perusahaan lain yang dapt melakukannya dengan lebih ekonomis.

Margin kotor dapat diperoleh perusahaan produk tahan lama yang sangat terpadu :

No

Kegiatan

A

B

1

Sumber pasokan bahan mentah dan komponen lainnya

4

2

2

Riset dan pengembangan

8

3

3

Pabrikasi dan pasokan produk jadi

8

3

4

Informasi dan komunikasi

4

2

5

Pengapalan dan fungsi manajemen kargo lainnya

3

2

6

Mengambil alih pemilikan stok dan pergudangan

6

3

7

Pendanaan dan asuransi

4

2

8

Pemasaran dan penjualan

10

5

9

Pelayanan Purnajual

6

3


Total margin kotor

53

25


Perusahaan A sangat terpadu dengan memiliki cadangan hutan, mempabrikasikan semuanya kedalam produk akhir, menjual lewat toko pengecer sendiri,dan akhirnya menangani semua pelayanan purnajual sendri. Perusahaan seperti itu dapat memperoleh margin tinggi dengan melaksanakan kegiatan sendiri, biaya dan investasi untuk mendukung semua kegiatan sangat tinggi. Tidak hanya itu, terdapat ketidakefisienan dalam melakukan hal-hal yang dapat orang lain lakukan.
Perusahaan B adalah contoh dari perusahaan peroduk tahan lama yang sudah untuk membiarkan perusahaan lain melakukan banyak dari fungsinya dan hanya melakukan kegiatan penambahan nilai unik yang dilaksanakan secara ekonomi, Setiap perusahaan meneliti nilai dari rantai kegiatannya untuk menentukan apa yang dapat dilakukan dan apa yang sebaiknya dilakukan perusahaan lain.

Maka, khusus dalam bisnis internasional, perusahaan akan sering menemukan bahwa perusahaan dagang memiliki lebih banyak kemampuan yang diperlukan untuk menjadi efisien secara total.
Alasan banyak perusahaan beralih ke perusahaan dagang:
1. Perlu bantuan untuk mencari distributor yang kompeten.
2. Pendanaan, atau pengaturan pendanaan transaksi dagang.

3. Pengertian dan bantuan dalam dokumentasi ekspor.
4. Pemahaman dari kondisi persaingan asing,

5. Menyediakan layanan purnajual.


Fungsi dari perusahaan dagang :

1. Fungsi tradisional
- Mengekspor dan mengimpor.
- Pemasaran dan penjualan termasuk riset pasar, penelitian kredit, perencanaan dan pengembangan peroduk, periklanan, serta hubungan masyarakat.
- Pelayanan logistik termasuk pengangkutan dan distribusi.
- Memikul beban risiko.

2. Fungsi terbaru
- Usaha pengembangan sumber untuk memastikan sumber pasokan melalui investasi di luar negeri.
- Usaha pabrikasi di luar negeri untuk merebut peluang perdagangan dengan investasi minimal.
- Mengorganisasi proyek karena jaringan luas kantor diseluruh dunia dan bermacam kemampuan yang dimiliki suatu perusahaan.

- Usaha mengekspor pabrik

- Kegiatan semibank dimana didalamnya mencakup penyediaan pinjaman langsung, jaminan kredit dan kredit pasokan serta pembayaran dimuka untuk barang dagangan bagi usaja yang berafiliasi dengan mereka.

Jasa yang disediakan oleh perusahaan dagang Antar lain broker, agen, distributor, usaha pabrikasi, pemasokan, pendanaan perdagangan, logistik atau ekspedisi pengapalan, perdagangan lawan, konsultasi perdagangan dan investasi, pengembangan bisnis internasional baru, perdagangan komoditas, pendanaan proyek, modal usaha, dan manajer proyek. Salah satu profil perusahaan dagang yang representatif adalah “Sogo Shosha” perusahaan dagang Jepang. Yang membedakannya dengan perusahaan dagang lain: - Mereka harus terlibat dalam ekspor dan impor - Mereka mempunyai kantor diberbagai bagian dunia - Mereka mempunyai kekuatan besar dalam lingkungan pemasaran dan perdagangan - Mereka terlibat dalam perdagangan offshore yaitu perdagangan yang tidak melibatkan Jepang. - Mereka harus memegang pangsa terbesar dari perdagangan luar negeri. Sumber penghasilan terbesar Sogo Shosha adalah :
- Ekspor dari pabrik dan permesinan seperti besi dan baja.
- Impor bahan bakar

- Impor bahan mentah

- Impor bahan makanan
.

Kesimpulan :
Selalu akan terdapat tempat untuk perusahaan dagang yang memulai usahanya dengan kemampuan unik dan efektif-biaya dalam menyediakan jasa perdagangan tertentu, dan dapat menjangkau keluar untuk mengumpulkan jasa perdagangan lain yang diperlukan bagi pelanggan yang berusaha menjadi kompetitif biaya sebesar mungkin.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

IMPLEMENTASI STRATEGI : ISU-ISU PEMASARAN, KEUANGAN/AKUNTANSI, LITBANG, DAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN (SIM)

Sifat Alami dari Implementasi Strategi Faktanya, untuk setiap strategi yang telah direncanakan, implementasi yang baik atas strategi tersebut hanya menghasilkan keberhasilan sekitar 10 persen atau kurang. Hal ini dikarenakan kegagalan dalam melakukan segmentasi pasar yang baik, terlalu memperhatikan kebijakan akuisisi baru, dan tertinggal jauh dari dari para pesaing dalam litbang. Implementasi strategi berpengaruh secara langsung terhadap kehidupan manajer pabrik, manajer-manajer divisi, manajer departemen-departemen, manajer panjualan, manajer produk, manajer proyek, manajer personalia, manajer staf, supervisor, dan seluruh karyawan. A. Isu-Isu Pemasaran Ada beberapa contoh dari keputusan pemasaran yang mungkin membutuhkan kebijakan : 1. Menggunakan dealer atau kombinasi saluran yang eksklusif dalam distribusi. 2. Menggunakan iklan TV yang banyak, sedikit, atau tidak menggunakan sama sekali. 3. Membatasi (tidak membatasi) kontribusi a

Unsur-unsur pengambilan keputusan

Agar pengambilan keputusan lebih terarah, maka perlu diketahui unsur-unsur dari pengambilan keputusan tersebut, antara lain yaitu : 1. Tujuan dari pengambilan keputusan Misalnya jika anda membeli mobil baru, maka anda harus mengetahui lebih dahulu tujuannya. Biasanya tujuan yang umun adalah tujuan yang bersifat ekonomis. 2. Identifikasi alternatif-alternatif keputusan untuk memecahkan masalah Untuk mengadakan identifikasi alternatif-alternatif yang akan digunakan, perlu kiranya membuat daftar macam-macam tindakan yang memungkinkan untuk mengadakan pilihan. 3. Perhitungan mengenai faktor-faktor yang tidak dapat diketahui sebelumnya/ diluar jangkauan manusia Yang dimaksud kejadian diluar jangkauan manusia adalah peristiwa yang dapat dibayangkan manusia sebelumnya, namun manusia tidak sanggup atau kurang berdaya untuk mengatasinya. Misalnya keputusan membeli mobil baru itu perlu dikaitkan dengan biaya-biaya yang dikeluarkan seperti pem

KEPEMIMPINAN DALAM ORGANISASI

Pemimpin dan Kepemimpinan merupakan suatu kesatuan kata yang tidak dapat dipisahkan secara struktural maupun fungsional. Banyak muncul pengertian-pengertian mengenai pemimpin dan kepemimpinan, natara lain : Pemimpin adalah figur sentral yang mempersatukan kelompok (1942) Kepemimpinan adalah keunggulan seseorang atau beberapa individu dalam kelompok, dalam proses mengontrol gejala-gejala sosial Brown (1936) berpendapat bahwa pemimpin tidak dapat dipisahkan dari kelompok, akan tetapi boleh dipandang sebagai suatu posisi dengan potensi tinggi di lapangan. Dalam hal sama, Krech dan Crutchfield memandang bahwa dengan kebaikan dari posisinya yang khusus dalam kelompok ia berperan sebagai agen primer untuk penentuan struktur kelompok, suasana kelompok, tujuan kelompok, ideologi kelompok, dan aktivitas kelompok. Kepemimpinan sebagai suatu kemampuan meng-handel orang lain untuk memperoleh hasil yang maksimal dengan friksi sesedikit